Pengertian Media Pembelajaran
Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan
(Bovee, 1997). Media pembelajaran adalahsebuah alat yang berfungsi dan
digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses
komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Banyak batasan atau
pengertian yan dikemukakan para ahli tentang media, diantaranya adalah:
Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Asosociation of Education and
Communication Technology (AECT).
Media pembelajaran adalah
bentuk saluran, yang digunakan untuk menyalurkan pesan, informasi atau bahan
pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar dapat pula dikatakan bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam
lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk
belajar.
Tujuan dan Manfaat Media
Pembelajaran
1. Tujuan Media Pembelajaran
Tujuan media pembelajaran
sebagai alat bantu pembelajaran, adalah sebagai berikut :
a. mempermudah proses
pembelajaran di kelas
b. meningkatkan efisiensi
proses pembelajaran
c. menjaga relevansi antara
materi pelajaran dengan tujuan belajar
2. Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran sebagai
alat bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. pengajaran lebih menarik
perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b. bahan pengajaran akan lebih
jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan
pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
c. metode pembelajaran
bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan
kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan
tenaga.
d. pembelajar lebih banyak
melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari
pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati,
melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.
1. Manfaat Media pembelajaran
bagi pengajar, yaitu:
a. memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
b. menjelaskan struktur dan urutan pengajarn dengan baik
c. memberikan kerangka sistematis secara baik.
d. memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
e. membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam
pembelajaran.
f. membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
g. meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Manfaat media pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
a. meningkatkan motivasi belajar pembelajar
b. memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
c. memberikan struktur materi pelajaran
d. memberikan inti informasi pelajaran
e. merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
f. menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
g. pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang
disajikan pengajar .
Fungsi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran berfungsi
untuk merangsang pembelajaran dengan:
1.menghadirkan obyek sebenarnya dan obyek yang langkah
2.membuat duplikasi dari obyek yang sebenarnya
3.membuat konsep abstrak ke konsep konkret
4.memberi kesamaan persepsi
5.mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
6.menyajikan ulang informasi secara konsisten
7.memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan
menarik
Dalam aspek media pembelajaran sejarah, terdapat 10
jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran antara lain :
a)
Peninggalan Sejarah
b)
Model: diorama, maket, replika candi, patung
c)
Peta: atlas, peta dinding, peta sketsa, peta lukisan
d)
Ruang sejarah
e)
Media Audio: tape recorder, radio
f)
Media Audio visual : TV, film, video
g)
Media Proyeksi: film, OHP, film strip, slide, LCD
h)
Media modern: komputer dan internet à power point & Blog
i)
Media Cetak: Buku, majalah, koran
j)
Media Grafis: bagan, diagram, grafik, poster, kartun,, foto.
a.
Peninggalan Sejarah
Indonesia banyak memiliki peninggalan sejarah yang
bernilai tinggi. Untuk itu, kita wajib menghargai dan melestarikannya. Terdapat
macam – macam peninggalan sejarah , contohnya
1.
Arca
Arca adalah patung, ada yang terbuat dari batu ada juga yang
terbuat dari perunggu. Terdapat berbagai macam Arca yaitu :
·
Arca Buddha Amarawati di Sulawesi Selatan.
·
Arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan
·
Arca Airlangga di Belahan.
·
Arca Tribhuwana di Candi Arimbi.
Gambar Arca Rorojonggrang
1.
Benteng
Benteng merupakan bentuk bangunan yang sengaja
dibuat untuk keamanan dan pertahanan pada waktu perang. Peninggalan sejarah
berupa benteng terdapat diberbagai daerah yaitu :
·
Benteng Otanah di Sulawesi untuk melindungi Raja.
·
Benteng Fort de Kock di Sumatra Barat dibangun oleh Belanda.
·
Benteng Portugis di Jepara, Jawa Tengah.
·
Benteng Pendem di Cilacap, Jawa Tengah.
·
Benteng Jagaraga, Bali.
·
Benteng Duurstede, Saparua, Maluku.
·
Benteng Sombaupu, Sulawesi Selatan.
·
Benteng Inong Bale, NAD.
Gambar Candi Borobudur
1.
Gedung
Gedung yang pernah digunakan untuk berlangsungnya
peristiwa sejarah, atau tempat tertentu yang bernilai sejarah dijadikan sebagai
peninggalan sejarah. Contohnya Gedung Lawang Sewu di Semarang. Terdapat banyak
peninggalan sejarah berupa gedung yaitu:
·
Gedung Lawang Sewu di Semarang.
·
Istana Presiden di Tampak Siring, Bali.
·
Istana Raja / Keraton, Cirebon, Surakarta, Yogyakarta
·
Istana Bogor, Jawa Barat.
Gedung Istana Bogor
1.
Monumen
Monumen adalah Bangunan yang sengaja dibuat untuk mengenang
jasa seseorang tokoh kepada nusa dan
bangsa. Bahkan juga untuk memperingati peristiwa
bersejarah yang ada di Indonesia. Beberapa monumen di Indonesia, yaitu :
Monumen adalah Bangunan yang sengaja dibuat untuk mengenang
jasa seseorang tokoh kepada nusa dan
bangsa. Bahkan juga untuk memperingati peristiwa
bersejarah yang ada di Indonesia. Beberapa monumen di Indonesia, yaitu :
·
Monumen Nasional (Tugu Monas) di Jakarta.
·
Monumen Tugu Muda di Semarang.
·
Monumen Proklamasi di Jakarta.
·
Monumen Palagan Ambarawa di Semarang.
Monumen Pers Nasional di Solo, Jawa Tenga
Gambar Monumen Monas
1.
Situs
Situs adalah daerah temuan benda-benda purbakala,
seperti fosil binatang purba. Banyak situs di Indonesia yang merupakan
peninggalan Hindu dan Buddha. misalnya:
·
Situs Muara Jambi.
·
Situs Plawangan.
·
Situs Cilongok
Gambar Sejarah di Sidoarjo
1.
Prasasti
Prasasti adalah tulisan pada batu yang bernilai
sejarah. Parasasti yang merupakan
peninggalan pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia banyak sekali.misalnya:
- Prasasti Ciareteun, Kebon Kopi, Jambu, Pasir Awi, Muara Cianten dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasa Sansekerta.
- Prasasti Ciareteun, Kebon Kopi, Jambu, Pasir Awi, Muara Cianten dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasa Sansekerta.
-
Prasasti Kedukan Bukit, Talang Tuo, Telaga Batu, Kota Kapur,
Karang Birahi dari Kerajaan Sriwijaya. Prasasti tersebut ditulis menggunakan
bahasa Melayu.
-
Prasasti Tuk Mas, Sojomerto, Canggal dari Kerajaan Mataram.
Gambar Prasasti
Tarumanegara
Manfaat
Peninggalan Sejarah antara lain :
-
Menambah kekayaan budaya bangsa kita
-
Menambah pendapatan negara melalui kegiatan wisata
-
Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati
sekarang.
-
Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
-
Sangat membantu dalam bidang pendidikan.
-
Dapat mempertebal rasa kebangsaan.
-
Dapat memperkokoh rasa persatuan.
-
Menambah
pengetahuan tentang Sejarah
Kelebihan:
-
Dapat mengetahui benda aslinya
-
Siswa lebih mudah
mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
-
Memudahkan siswa untuk
mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
-
Tidak bisa dibawa
kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
-
Membutuhkan biaya untuk
bisa melihatnya
-
Tidak mampu mewakili
suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
-
Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan
a.
Model
Model adalah
rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem,
atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya
dapat berupa model fisik, model citra (gambar rancangan, citra komputer),. Terdapat
bermacam – macam contoh model dalam pembelajaran yaitu diorama, maket, replika
candi, patung.
-
Diorama
Diorama adalah sejenis
benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu
adegan. Asal-usul diorama(adalah dekor teater di Eropa dan Amerika di abad ke-19. Pencinta miniatur sering
membuat diorama untuk memamerkan model kendaraan
militer, miniatur figur publik, ataupun
miniatur pesawat
terbang.
Gambar diorama
-
Maket
Maket adalah adalah sebuah bentuk
tiga dimensi yang meniru sebuah benda atau objek dan biasanya memiliki skala.
Maket biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah keadaan. Jadi ,
maket digunakan sebagai sebuah representasi dari keadaaan sebenarnya menuju
keadaan yang akan diciptakan.
Gambar maket
-
Replika candi
Replica candi merupakan bangunan replika tempat tinggal para dewa yang
sebenarnya, yaitu Gunung Mahameru.
Gambar Replika candi
-
Patung
Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia
yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya
seni yang dapat bertahan selama mungkin.
Gambar Patung
Manfaat Model
antara lain:
Ø Meningkatkan
motivasi siswa belajar karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta
mengembangkan keterampilan.
Ø Dapat menarik
perhatian peserta didik dengan melalui media pembelajaran model/tiruan.
Ø Dapat mengubah
guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator,
peraga membuat siswa lebih aktif.
Ø Membuat siswa
menjadi lebih aktif berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena
siswa tidak sekedar mengingat dan mendengarkan, namun mengembangkan pikirannya
dengan fakta.
a.
Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi yang digambar pada permukaan
datar, dan diperkecil dengan skala tertentu dan juga dilengkapi simbol sebagai
penjelas. Peta mengandung suatu informasi, artinya peta digunakan untuk
menyampaikan pesan dari si pembuat peta kepada para pembaca atau pemakainya.
Kartografi adalah ilmu pengetahuan dan seni yang mempelajari tentang
perpetaan, termasuk studi pembuatan peta, macam-macam peta, penyimpanan, dan
pengawetan peta. Peta terdiri dari atlas, peta dinding, peta
sketsa, peta lukisan.
-
Atlas
Atlas adalah kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku, tetapi juga ditemukan dalam bentuk multimedia.
Atlas dapat memuat informasi geografi,
batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi.
-
Peta dinding
Peta dinding
adalah sebuah peta kertas yang dapat digantungkan di dinding. Peta Dinding
bukan berupa globe atau atlas tapi lebih mirip seperti poster. Peta Dinding
dapat berukuran kecil dan sederhana atau bisa juga berukuran besar dan sangat
detil.
Gambar peta Dinding
-
Peta
Sketsa
Peta
Sketsa adalah peta yang dibuat berdasarkan
kemampuan seseorang dalam mengingat suatu wilayah atau tempat di sekitarnya.
Peta sketsa dapat dikatakan juga sebagai peta sederhana, yaitu gambaran suatu
tempat yang dibuat dengan corat-coret, tidak menggunakan ilmu pasti, dan tentu
saja hasilnya kurang akurat jika dibandingkan dengan peta bagan yang dibuat
oleh jawatan topografi
Gambar peta sketsa
-
Peta lukisan
Peta lukisan
adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik
laut maupun darat
Peta memiliki beberapa manfaat yaitu :
-
menunjukkan lokasi sebuah objek atau tempat
tertentu
-
memberikan
gambaran secara umum tentang permukaan bumi yang meliputi bentuk, luas, dan
jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain
-
menunjukkan
berbagai bentang alam pada suatu wilayah, seperti relief, pegunungan,
gurun pasir, sungai, tanah, dan lain-lain
-
menunjukkan
kenampakan sosial budaya berupa jumlah dan persebaran, seperti jumlah dan
persebaran tanah pertanian, persebaran permukiman, persebaran flora dan
fauna, perkotaan, dan lain-lain.
a.
Ruang sejarah
Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang
Sejarah", yaitu suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan
pemantapan pelajaran sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan
benda-benda sejarah, namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran
sejarah sebab, di situ termasuk juga kegiatan- kegiatan yang memungkinkan murid
menghayati arti sejarah secara lebih mendalam.
Manfaat Ruang
Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
a.
Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui
kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
b.
Mengembangkan ketrampilan motorik dalam mempergunakan alat-alat media yang
tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
c.
Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.
Kelebihan:
a. Peserta didik dapat berganti situasi baru
b. Situasi pembelajaran biasanya lebih
menyenangkan
c. Peserta didik dapat menggunakan alat bantu
media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah
tersedia
Kekurangan:
a)
Memerlukan dana yang tinggi, juga barangkali dipandang belum perlu
b)
Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c)
Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang
ada di laboratorium
b.
Media Audio:
Media audio
adalah Media berbentuk sarana penyampai, pembawa dan pengantar pesan yang
ditangkap melalui indra pendengar. Media audio berupa tape recorder, radio.
-
Tape
recorder
Tape recorder
adalah sebuah bahan pengajaran yang mengandung pesan
dalam bentuk auditif (pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang
pikiran. perasaan, perhatian dan kemauan siswa, sehingga terjadi proses belajar
mengajar.
Gambar Tape
fungsi Tape
Recorder ( Cassette ) dalam Media Pembelajaran
1)
Meningkatkan
komunikasi audio,
2)
Membuat
suasana belajar lebih mantab dan komunikatif,
3)
Mengembangkan apresiasi dan imajinasi siswa
terhadap hal-hal yang disajikan,
4)
Dapat
merangsang partisipasi aktif pendengarnya,
5)
Sangat
tepat untuk materi musik dan bahasa,
6)
Mengatasi
batas waktu dan ruang
-
Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal
dengan cara modulasi dan radiasi
elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan
merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa
udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul
udara).
Gambar Radio
Manfaat Media
Audio yaitu :
a.
Untuk menarik perhatian,
b.
Untuk memperjelas sajian ide,
c.
Untuk menggambarkan fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak
divisualkan.
Kelebihan Media Audio , Menurut Sadiman
( 2005 : 50 ) , adalah :
a)
Harga murah dan variasi
program lebih banyak dari pada TV.
b)
Sifatnya mudah untuk
dipindahkan.
c)
Dapat digunakan bersama
– sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
d)
Dapat merangsang
partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi
seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
e)
Dapat memusatkan
perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
Kelebihan Media Audio, Meutut Arsyad ( 2003 : 45 ) , adalah :
a)
Merupakan peralatan
yang sangat murah
dan lumrah sehingga
mudah dijangkau oleh masyarakat.
b)
Rekaman dapat
digandakan untuk keperluan perorangan sehingga isi
pesan dapat berada ditempat
secara bersamaan.
c)
Merekam peristiwa atau
isi pelajaran untuk
digunakan kemudian. Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat diagnosis guna untuk membantu
meningkatkan keterampilan membaca, mengaji dan
berpidato.
d)
Dalam pengoperasiannya
relatif sangat mudah.
Kekurangan Media Audio, Menurut Arsyad( 2003 : 46 ) , adalah :
a)
Dalam suatu rekaman
sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut
berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka –
angka penentuan putaran.
b)
Kecepatan rekaman dan
pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan
kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.
a.
Media Audio visual : TV, film, video
Media audio adalah Media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar.
Manfaat Audio visual yaitu :
a)
Sebagai media
pembelajaran yang inovatif dalam hal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
(Iptek)
b)
Untuk mempermudah
peserta didik dalam mengetahui suatu hal.
c)
Untuk mempermudah
peserta didik dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan umum (TV)
Kelemahan Audi visual, yaitu
a)
Terlalu menekankan
pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap memandang materi
audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
b)
Terlalu menekankan pada
penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi
audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Media yang
beoriantsi pada guru sebernarnya
c)
Media audio visual
cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
Media audio-visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karna media audio-visual cenderung tetap di tempat.
Media audio-visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karna media audio-visual cenderung tetap di tempat.
b.
Media Proyeksi: film, OHP, film strip, slide, LCD
Media proyeksi merupakan salah satu media yang terklasifikasi
pada media visual. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu
melalui indera penglihatan. Media ini langsung berinteraksi dengan pesan yang
ingin disampaikan.
-
OHP
OHP adalah jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana,
terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk
meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran.
Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari lampu
proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. Overhead projector berfungsi untuk
memproyeksikan (menyajikan) transparansi.
Gambar OHP
-
LCD
LCD adalah erupakan Sebuah teknologi layar digital yang
menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar
pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar,
diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul
menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang
mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
Gambar LCD
Manfaat Media Proyeksi antara lain
a) Dapat
memberikan pengalaman dasar bagi siswa dalam membaca, berdiskusi, praktik, dan
lain-lain (Film)
b) Dapat
membantu dalam proses pembelajaran secara tepat yang dapat disaksikan secara
berulang-ulang jika dipandang perlu.
c) Dapat
mendukung dalam segi nilai efektif peserta didik.
a.
Media modern: komputer dan internet à power point & Blog
Seiring dengan
berjalannya waktu dan perkembangan teknologi dan sosial budaya, telah
berkembang media-media lain yang kemudian dikelompokkan ke dalam media massa
seperti internet dan telepon
selular. Internet disini
juga bisa disebut sebagai salah satu media pembelajaran. Internet merupakan
sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu
dengan yang lain di seluruh penjuru dunia.
-
Computer
Computer Menurut Sanders (1985) : Computer adalah
system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang
dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah
tersimpan dalam memori.
Manfaat computer yaitu :
Jaringan komputer/internet memberi kemungkinan
bagi pesertanya untuk melakukan komunikasi tertulis dan saling bertukar pikiran
tentang kegiatan belajar yang mereka lakukan. Jaringan komputer dapat dirancang
sedemikian rupa agar dosen dapat berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa
dapat melakukan interaksi belajar dengan mahasiswa yang lain. Interaksi
pembelajaran dengan menggunakan jaringan komputer tidak saja dapat dilakukan
secara individual, tetapi juga untuk menunjang kegiatan belajar kelompok.
Pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan jarak jauh dikenal juga
dengan istilah Computer Conferencing System (CCF). Biasanya sistem ini
dilakukan melalui surat elektronik atau E-mail.
-
Blog
Blog merupakan singkatan dari web log. Blog adalah situs web
yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate
(diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum
maupun pribadi
Blog juga dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk media
pembelajaran, yaitu Blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan
materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya
bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Selain itu
blog guru dan murid juga dapat saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki
Blog, mengharuskan murid memiliki blognya masing-masing, sebagai sarana
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu
iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi
yang terbaik. Setelah semua siswa memiliki Blog dibuatlah suatu komunitas
blogger pebelajar. Ada sebuah Blog sebagai pusat pembelajaran (bisa berupa blog
aggregator atau blog dengan beberapa kontributor), dengan guru-guru dan siswa
dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pebelajar
tersebut.
-
Power Point
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah
sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di
dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word,
Excel, Access dan beberapa program lainnya.
PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.
Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk presentasi.
PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.
Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk presentasi.
-
Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission
Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia.
Manfaat
Internet sebagai media pembelajaran yaitu :
a)
dapat
menggantikan peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap
tugas atau proses;
b)
memperkuat
peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses;
c)
berperan
dalam restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan
perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses.
Kelebihan:
a.
Peserta didik mudah mengaksesnya
b.
Internet memberikan sambungan (konektivitas)
dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi
waktu, tempat, dan negara.
c.
Up to date, media online dapat melakukan update
(pembaharuan) suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu dan dimana saja,
tidak melulu menggunakan bantuan komputer, tetapi fasilitas teknologi pada
handphone (telepon genggam) atau lebih spesifik dengan kata smartphone (telpon
genggam yang telah memiliki fungsi setara komputer, ex: Android, Symbian, WP,
iOS, BlackBerry). Hal ini terjadi karena media online memiliki proses penyajian
informasi/berita yang lebih mudah dan sederhana.
d.
Praktis, media online terbilang praktis karena
kemudahan untuk mendapatkan berita dan informasinya, kapan saja bila diinginkan
media online dapat dibuka dan dibaca sejauh didukung oleh fasilitas teknologi
internet. Handphone yang memiliki fasilitas koneksi internet, komputer yang
memiliki sambungan internet baik di perkantoran atau di rumah, dan dapat pula
di warung internet (warnet) (Yunus, 2010:32-33).
e.
Akses informasi melalui internet lebih cepat
bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di
perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon
tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer
kita.
f.
Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah
asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada
saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita
btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.
Kekurangan:
a.
Kebenaran artikel belum bisa dipertanggungjawabkan
b.
Menimbulkan ketergantungan siswa terhadap
internet
c.
Belum bisa dijadikan acuan utama dalam karya
tulis
d.
Internet bersifat interaktif dengan menyediakan
banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita
menggoda untuk mengkliknya yang justru membuat pencarian informasi kita
terbengkalai dan lepas kendali.
e.
Salah
satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko
terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.
b.
Media Cetak: Buku, majalah, koran
Media cetak ini digunakan dalam mendukung proses pembelajaran peserta
didik. Media cetak ini terdiri dari buku, modul, cerpen, roman. Tetapi
kebanyakan yang dipakai adalah buku dan modul.
-
Buku
Buku adalah kumpulan kertas atau
bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan
berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi
dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Sebagai media dan
sumber pembelajaran, buku teks mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan
nilai-nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi dasarnya yang diajarkan.
Pemilihan buku teks sangat penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan
kurikulum yang berlaku (KTSP).
Manfaat buku antara lain:
a) meningkatkan perhatian dan motivasi belajar,
b) memberikan variasi dalam belajar,
c) memberikan struktur yang memudahkan belajar,
d) menyajikan inti informasi belajar,
e) memberikan contoh-contoh yang lebih kongkret,
f) merangsang berpikir analisis,
g) memberikan situasi belajar yang tanpa tekanan
gambar Buku
-
Majalah
Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara
berkala yang memuat artikel – artikel dari berbagai penulis (Assegaff, 1983 :
127). Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan publikasi yang berisi
cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi
dari majalah. Oleh karena itu, majalah dijadikan salah satu pusat informasi
bacaan yang sering dijadikan bahan rujukan oleh para pembaca dalam mencari
sesuatu hal yang diinginkannya.
Gambar Majalah
-
Koran
Koran adalah sejenis
media massa yang memberitakan kejadian-kejadian sehari-hari dalam kehidupan
manusia. Koran biasanya ditujukan sebagai kegiatan komersil dari penerbit koran
yang bersangkutan. Tulisan-tulisan yang terdapat dalam sebuah koran dihasilkan
oleh para penulis berita yang disebut sebagai wartawan.
Manfaat media
cetak, yaitu :
a)
Untuk media informasi
b)
Untuk media pendidikan
c)
Meningkatkan intelektual kehidupan masyarakat.
Kelebihan:
a. Didalamnya terdapat keterangan yang lengkap dan
detil
b. Ringkas dan dapat dibawa kemana-mana
c. Dapat dipakai dan disimpan lebih lama
d. Bisa
diandalkan dalam menjadi acuan sisw dalam membuat karya tulis
Kekurangan:
a.
Mudah diabaikan
b.
Tidak disukai bagi siswa yang tidak suka m
embaca
c.
Terdapat modifikasi dari penulis (pandangan)
d.
Terdapat kesalahan (ketikan, sumber, peristiwa dan lain-lain)
a.
Media Grafis: bagan, diagram, grafik, poster, kartun, foto
Media grafis
merupakan media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual.
-
Bagan
Bagan adalah gambaran/sketsa
buram untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data maupun informasi yang
ingin disampaikan direalisasikan melalui
gambar. Bagan ada yang berbentuk diagram mempunyai bentuk yang beragam,
antara lain: lingkaran, garis, pohon, dan batang.
Gambar Bagan
-
Diagram
Diagram adalah suatu
representasi simbolis informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik
visualisasi. Kadang teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi tiga dimensi
yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi.
Gambar diagram
-
Grafik
Grafik adalah gambaran
pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. Grafik
sering juga disebut sebagai diagram, bagan, mauoun chart. Pada dasarnya grafik
berfungsi memberikan penjelasan kepada para pembaca grafik atau orang yang
membutuhkan data.
Grafik itu
sendiri bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa
menggunakan kata - kata yang bertele-tele karena grafik menyajikan data dam
bentuk angka dalam sebuah lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.
Gamabar grafik
:
-
Poster
Poster adalah karya
seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas
berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan
datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu
poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
Manfaat poster
sebagai media pembelajaran adalah
1.
Digunakan sebagai bagian dari kegiatan belajar
mengajar, dalam hal ini poster digunakan saat guru menerangkan sebuh materi
kepada siswa (poster sebagai media pembelajaran), begitu halnya siswa dalam
mempelajari materi menggunakan poster yang disediakan oleh guru. Poster yang
digunakan ini harus relevan dengan tujuan dan materi.
Poster
disediakan guru baik dengan cara membuat sendiri maupun dengan cara membeli /
menggunakan yang sudah ada. Dalam penggunannya poster di pasang di tengah kelas
pada saat dibutuhkan dan di tanggalkan lagi setelah pembelajaran selesai. Misaknya
guru membelajarkan siswa tentang teknik menulis karangan naratif tentang
pentingnya buang sampah pada tempatnya. Kemudia guru memasang sebuah poster
tentang akibat membuang sampah sembarangan. Guru menugaskan siswa untuk
mengamati poster tersebut lalu kemudian siswa diperintahkan untuk membuat
karangan berdasarkan poster tersebut.
2.
Digunakan di luar pembelajaran yang bertujuan
untuk memotivasi siswa, sebagai peringatan, ajakan, propaganda atau ajakan
untuk melakukan sesuatu yang postitif dan penanaman nilai-nilai sosial dan
keagamanaan. Dalam hal ini poster tidak digunakan saat pembelajaran namun di
pajang di dalam kelas atau disekitar sekolah di tempat yang strategis agar
terlihat dengan jelas oleh siswa. Perbedaan antara poster yang digunakan dalam pembelajaran
dan diluar pembelajaran tidak memiliki perbedaan yang mendasar.
Perbedaannya
hanya pada penyimpanan, dan tema-tema yang dipilih, untuk poster pembelajaran
biasanya mengangkat tema-tema yang spesifik sesuai dengan kurikulum, sedangkan
poster untuk pajangan biasanya menggunakajn tema-tema umum dan universal
sehingga tidak lapuk oleh zaman. Kedua jenis poster tersebut jika dilihat dari
teknik dan prinsip-prinsip pembuatannya sama tidak memiliki perbedaan.
Fungsi Poster :
1.Sebgai bahan
untuk mengembangkan ide dan kreativitas.
2.Sebagai bahan
pelajaran untuk suatu topik atau masalah tertentu.
3.Sebagai alat
membangkitkan motivasi.
4.Sebagai
petunjuk untuk dikerjakan peserta didik.
5.Sebagai alat
pendidikan preventif.
Gambar Poster
-
Kartun
Kartun adalah
gambar dengan penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa.Orang yang
membuat kartun disebut kartunis. Beberapa jenis gambar kartun yang dikenal saat
ini ialah kartun editorial, gag cartoon, dan strip komik. Kartun editorial atau
kartun politis biasanya ditujukan untuk menyatakan pandangan politik atau
sosial dengan cara menyindir. Sementara itu, gag cartoon dimaksudkan untuk
melucu tanpa menyindir. Strip komik ialah gambar kartun dalam bentuk komik
singkat.
Kartun
dapat pula digunakan sebagai ilustrasi, misalnya dalam buku, majalah, atau
kartu ucapan. Selain itu, kartun juga berkembang dalam media lainnya, yaitu
film, dan dikenal sebagai animasi. Manfaat kartun dalam media pembelajaran
adalah :
Untuk Aplikasi
kartun dalam pembelajaran, bisa di tempatkan pada bagian inti. Kita bisa
contohkan aplikasi kartun pada kegiatan inti siswa SMA kelas XI dengan materi
sholat , adapun kegiatan pembelajarannya adalah sebagai berikut: Seperti biasa
guru melakukan kegiatan awal seperti salam, doa, melakukan appersepsi dan
pretest.
Gambar Kartun
-
Foto
Foto adalah
gambar diam, yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu obyek atau kejadian
atau keadaan pada suatu waktu tertentu.
Manfaat foto :
Media
grafis dapat dimanfaatkan guru dalam pembelajaran terutama untuk mengkonkritkan
sesuatu yang abstrak sehingga menghindari verbalisme bagi siswa. Jadi media
grafis digunakan oleh guru selain pembelajaran menjadi lebih menarik juga
membantu siswa dalam penguasaan suatu materi. Helmi Hasan, dkk. (2003:41)
menyatakan bahwa ”media grafis berfungsi khusus untuk menarik perhatian,
memperjelas sajian ide, mengilustrasikan fakta yang mungkin akan cepat
dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.
Salah
satu media grafis adalah gambar/foto. Media gambar/foto merupakan bahasa yang
mudah dimengerti dan sumbernya pun tersebar luas dan mudah didapatkan, di
antaranya melalui surat kabar, majalah, koleksi foto pribadi, dan lain-lain.
Penggunaan gambar sebagai media yang dikaitkan dengan materi pelajaran akan menjadi
seperti bahasa yang dapat di dimengerti bahkan sebuah gambar dapat mengandung
arti/makna yang banyak.
Gambar foto
Manfaat Media
Grafis yaitu :
a)
Menerjemahkan symbol verbal
b)
Mengkonkritkan dan memperbaiki kesan-kesan yang salah dari ilustrasi lisan.
c)
Memberikan ilustrasi suatu buku, dan
d)
Membangkitkan motivasi belajar dan menghidupkan suasana kelas
Daftar Pustaka
http://andibayu13.blogspot.com/2011/02/pemanfaatan-media-blog-sebagai-sarana.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar