Rabu, 04 Juni 2014

JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Pengertian Media Pembelajaran
Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalahsebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Banyak batasan atau pengertian yan dikemukakan para ahli tentang media, diantaranya adalah: Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Asosociation of Education and Communication Technology (AECT).
Media pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar dapat pula dikatakan  bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar.
Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran
            1. Tujuan Media  Pembelajaran
Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran, adalah sebagai berikut :
a. mempermudah proses pembelajaran di kelas
b. meningkatkan efisiensi proses pembelajaran
c. menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar
d. membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran
            2. Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b. bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
c. metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
d. pembelajar lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.

1. Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar, yaitu:
            a. memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
            b. menjelaskan struktur dan urutan pengajarn dengan baik
            c. memberikan kerangka sistematis secara baik.
            d. memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
            e. membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
            f. membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
            g. meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Manfaat media  pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
            a. meningkatkan motivasi belajar pembelajar
            b. memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
            c. memberikan struktur materi pelajaran
            d. memberikan inti informasi pelajaran
            e. merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
            f. menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
            g. pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan pengajar . 
Fungsi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran berfungsi untuk merangsang pembelajaran dengan:
            1.menghadirkan obyek sebenarnya dan obyek yang langkah
            2.membuat duplikasi dari obyek yang sebenarnya
            3.membuat konsep abstrak ke konsep konkret
            4.memberi kesamaan persepsi
            5.mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
            6.menyajikan ulang informasi secara konsisten
            7.memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik

Dalam aspek media pembelajaran sejarah, terdapat 10 jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran antara lain :
a)      Peninggalan Sejarah
b)      Model: diorama, maket, replika candi, patung
c)      Peta: atlas, peta dinding, peta sketsa, peta lukisan
d)     Ruang sejarah
e)      Media Audio: tape recorder, radio
f)       Media Audio visual : TV, film, video
g)      Media Proyeksi: film, OHP, film strip, slide, LCD
h)      Media modern: komputer dan internet à power point & Blog
i)        Media Cetak: Buku, majalah, koran
j)        Media Grafis: bagan, diagram, grafik, poster, kartun,, foto.
a.       Peninggalan Sejarah
Indonesia banyak memiliki peninggalan sejarah yang bernilai tinggi. Untuk itu, kita wajib menghargai dan melestarikannya. Terdapat macam – macam peninggalan sejarah , contohnya 
1.      Arca
Arca adalah patung, ada yang terbuat dari batu ada juga yang terbuat dari perunggu. Terdapat berbagai macam Arca yaitu :
·         Arca Buddha Amarawati di Sulawesi Selatan.
·         Arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan
·         Arca Airlangga di Belahan.

·         Arca Tribhuwana di Candi Arimbi.
Gambar Arca Rorojonggrang


1.      Benteng
Benteng merupakan bentuk bangunan yang sengaja dibuat untuk keamanan dan pertahanan pada waktu perang. Peninggalan sejarah berupa benteng terdapat diberbagai daerah yaitu :
·         Benteng Otanah di Sulawesi untuk melindungi Raja.
·         Benteng Fort de Kock di Sumatra Barat dibangun oleh Belanda.
·         Benteng Portugis di Jepara, Jawa Tengah.
·         Benteng Pendem di Cilacap, Jawa Tengah.
·         Benteng Jagaraga, Bali.
·         Benteng Duurstede, Saparua, Maluku.
·         Benteng Sombaupu, Sulawesi Selatan.
·         Benteng Inong Bale, NAD.
Gambar Candi Borobudur
1.      Gedung
Gedung yang pernah digunakan untuk berlangsungnya peristiwa sejarah, atau tempat tertentu yang bernilai sejarah dijadikan sebagai peninggalan sejarah. Contohnya Gedung Lawang Sewu di Semarang. Terdapat banyak peninggalan sejarah berupa gedung  yaitu:
·         Gedung Lawang Sewu di Semarang.
·         Istana Presiden di Tampak Siring, Bali.
·         Istana Raja / Keraton, Cirebon, Surakarta, Yogyakarta
·         Istana Bogor, Jawa Barat.
Gedung Istana Bogor
1.      Monumen
Monumen adalah Bangunan yang sengaja dibuat untuk mengenang
jasa seseorang tokoh kepada nusa dan
bangsa. Bahkan juga untuk memperingati peristiwa
bersejarah yang ada di Indonesia. Beberapa monumen di Indonesia, yaitu :
·         Monumen Nasional (Tugu Monas) di Jakarta.
·         Monumen Tugu Muda di Semarang.
·         Monumen Proklamasi di Jakarta.
·         Monumen Palagan Ambarawa di Semarang.
Monumen Pers Nasional di Solo, Jawa Tenga
Gambar Monumen Monas
1.      Situs
Situs adalah daerah temuan benda-benda purbakala, seperti fosil binatang purba. Banyak situs di Indonesia yang merupakan peninggalan Hindu dan Buddha. misalnya:
·         Situs Muara Jambi.
·         Situs Plawangan.
·         Situs Cilongok
Gambar Sejarah di Sidoarjo

1.      Prasasti
Prasasti adalah tulisan pada batu yang bernilai sejarah. Parasasti yang merupakan peninggalan pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia banyak sekali.misalnya:
- Prasasti Ciareteun, Kebon Kopi, Jambu, Pasir Awi, Muara Cianten dari    Kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasa Sansekerta.
-       Prasasti Kedukan Bukit, Talang Tuo, Telaga Batu, Kota Kapur, Karang Birahi dari Kerajaan Sriwijaya. Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasa Melayu.
-       Prasasti Tuk Mas, Sojomerto, Canggal dari Kerajaan Mataram.
Gambar Prasasti  Tarumanegara
Manfaat Peninggalan Sejarah antara lain :
-           Menambah kekayaan budaya bangsa kita
-          Menambah pendapatan negara melalui kegiatan wisata
-          Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
-          Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
-          Sangat membantu dalam bidang pendidikan.
-          Dapat mempertebal rasa kebangsaan.
-          Dapat memperkokoh rasa persatuan.
-          Menambah pengetahuan tentang Sejarah
Kelebihan:
-           Dapat mengetahui benda aslinya
-          Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
-          Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
-          Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
-          Membutuhkan biaya untuk bisa melihatnya
-          Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
-           Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan
a.       Model
Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik, model citra (gambar rancangan, citra komputer),. Terdapat bermacam – macam contoh model dalam pembelajaran yaitu diorama, maket, replika candi, patung.
-          Diorama
Diorama adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Asal-usul diorama(adalah dekor teater di Eropa dan Amerika di abad ke-19. Pencinta miniatur sering membuat diorama untuk memamerkan model kendaraan militer, miniatur figur publik, ataupun miniatur pesawat terbang.
 Gambar diorama
-          Maket
Maket adalah adalah sebuah bentuk tiga dimensi yang meniru sebuah benda atau objek dan biasanya memiliki skala. Maket  biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah keadaan. Jadi , maket digunakan sebagai sebuah representasi dari keadaaan sebenarnya menuju keadaan yang akan diciptakan.

Gambar maket
-          Replika candi
Replica candi merupakan bangunan replika tempat tinggal para dewa yang sebenarnya, yaitu Gunung Mahameru.
Gambar Replika candi
-          Patung
Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin. 
Gambar Patung

Manfaat Model antara lain:
Ø  Meningkatkan motivasi siswa belajar karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta mengembangkan keterampilan.
Ø  Dapat menarik perhatian peserta didik dengan melalui media pembelajaran model/tiruan.
Ø  Dapat mengubah guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator, peraga membuat siswa lebih aktif.
Ø  Membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena siswa tidak sekedar mengingat dan mendengarkan, namun mengembangkan pikirannya dengan fakta.


a.       Peta
Peta adalah gambaran permukaan bumi yang digambar pada permukaan datar, dan diperkecil dengan skala tertentu dan juga dilengkapi simbol sebagai penjelas. Peta mengandung suatu informasi, artinya peta digunakan untuk menyampaikan pesan dari si pembuat peta kepada para pembaca atau pemakainya. Kartografi adalah ilmu pengetahuan dan seni yang mempelajari tentang perpetaan, termasuk studi pembuatan peta, macam-macam peta, penyimpanan, dan pengawetan peta. Peta terdiri dari atlas, peta dinding, peta sketsa, peta lukisan.
-          Atlas
Atlas adalah kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku, tetapi juga ditemukan dalam bentuk multimedia. Atlas dapat memuat informasi geografi, batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi.
 Gambar Atlas
-          Peta dinding
Peta dinding adalah sebuah peta kertas yang dapat digantungkan di dinding. Peta Dinding bukan berupa globe atau atlas tapi lebih mirip seperti poster. Peta Dinding dapat berukuran kecil dan sederhana atau bisa juga berukuran besar dan sangat detil.
Gambar peta Dinding
-          Peta Sketsa
Peta Sketsa adalah peta yang dibuat berdasarkan kemampuan seseorang dalam mengingat suatu wilayah atau tempat di sekitarnya. Peta sketsa dapat dikatakan juga sebagai peta sederhana, yaitu gambaran suatu tempat yang dibuat dengan corat-coret, tidak menggunakan ilmu pasti, dan tentu saja hasilnya kurang akurat jika dibandingkan dengan peta bagan yang dibuat oleh jawatan topografi


Gambar peta sketsa
-          Peta lukisan
Peta lukisan adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik laut maupun darat
Peta memiliki beberapa manfaat yaitu :
-           menunjukkan lokasi sebuah objek atau tempat tertentu
-          memberikan gambaran secara umum tentang permukaan bumi yang meliputi bentuk, luas, dan jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain
-          menunjukkan berbagai bentang alam pada suatu wilayah, seperti relief, pegunungan, gurun pasir, sungai, tanah, dan lain-lain
-          menunjukkan kenampakan sosial budaya berupa jumlah dan persebaran, seperti jumlah dan persebaran tanah pertanian, persebaran permukiman, persebaran flora dan fauna, perkotaan, dan lain-lain.
a.       Ruang sejarah
Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah, namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ termasuk juga kegiatan- kegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah secara lebih mendalam.
Manfaat Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
a.       Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
b.      Mengembangkan ketrampilan motorik dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
c.       Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.

Kelebihan:
a.   Peserta didik dapat berganti situasi baru
b.    Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c.   Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan:
a)    Memerlukan dana yang tinggi, juga barangkali dipandang belum perlu
b)   Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c)    Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium

b.      Media Audio:
Media audio adalah Media berbentuk sarana penyampai, pembawa dan pengantar pesan yang ditangkap melalui indra pendengar. Media audio berupa tape recorder, radio.
-          Tape  recorder
Tape recorder adalah sebuah bahan pengajaran yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (pita suara atau piringan suara), yang dapat merangsang pikiran. perasaan, perhatian dan kemauan siswa, sehingga terjadi proses belajar mengajar.
Gambar Tape
fungsi Tape Recorder ( Cassette ) dalam Media Pembelajaran
1)      Meningkatkan komunikasi audio,
2)      Membuat suasana belajar lebih mantab dan komunikatif,
3)       Mengembangkan apresiasi dan imajinasi siswa terhadap hal-hal yang disajikan,
4)      Dapat merangsang partisipasi aktif pendengarnya,
5)      Sangat tepat untuk materi musik dan bahasa,
6)      Mengatasi batas waktu dan ruang
-          Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
Gambar Radio
Manfaat Media Audio yaitu :
a.       Untuk menarik perhatian,
b.      Untuk  memperjelas sajian ide,
c.       Untuk menggambarkan fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.

Kelebihan Media Audio , Menurut Sadiman  ( 2005 : 50 ) , adalah :
a)      Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
b)      Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
c)      Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
d)     Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
e)      Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
Kelebihan Media Audio, Meutut Arsyad ( 2003 : 45 ) , adalah :
a)      Merupakan  peralatan   yang     sangat   murah   dan  lumrah  sehingga   mudah dijangkau oleh masyarakat.
b)      Rekaman  dapat  digandakan  untuk keperluan  perorangan sehingga  isi  pesan  dapat berada ditempat secara bersamaan.
c)      Merekam     peristiwa    atau    isi    pelajaran     untuk   digunakan     kemudian.  Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat diagnosis guna untuk membantu meningkatkan       keterampilan        membaca,    mengaji        dan     berpidato.
d)     Dalam pengoperasiannya relatif sangat mudah. 

Kekurangan Media Audio, Menurut Arsyad( 2003 : 46 ) , adalah :
a)      Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka – angka penentuan putaran.
b)      Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.

a.       Media Audio visual : TV, film, video
Media audio adalah Media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar.
Manfaat Audio visual yaitu :
a)      Sebagai media pembelajaran yang inovatif dalam hal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
b)      Untuk mempermudah peserta didik dalam mengetahui suatu hal.
c)      Untuk mempermudah peserta didik dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan umum (TV)

Kelemahan Audi visual, yaitu
a)      Terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
b)      Terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Media yang beoriantsi pada guru sebernarnya
c)      Media audio visual cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
Media audio-visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karna media audio-visual cenderung tetap di tempat.

b.      Media Proyeksi: film, OHP, film strip, slide, LCD
Media proyeksi merupakan salah satu media yang terklasifikasi pada media visual. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera penglihatan. Media ini langsung berinteraksi dengan pesan yang ingin disampaikan.
-          OHP
OHP adalah  jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran. Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari lampu proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. Overhead projector berfungsi untuk memproyeksikan (menyajikan) transparansi.
Gambar OHP
-          LCD
LCD adalah erupakan Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
Gambar LCD
Manfaat Media Proyeksi antara lain
a)      Dapat memberikan pengalaman dasar bagi siswa dalam membaca, berdiskusi, praktik, dan lain-lain (Film)
b)      Dapat membantu dalam proses pembelajaran secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu.
c)      Dapat mendukung dalam segi nilai efektif peserta didik.

a.       Media modern: komputer dan internet à power point & Blog
Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi dan sosial budaya, telah berkembang media-media lain yang kemudian dikelompokkan ke dalam media massa seperti internet dan telepon selular. Internet disini juga bisa disebut sebagai salah satu media pembelajaran. Internet merupakan sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia.
-          Computer
Computer Menurut Sanders (1985) : Computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan dalam memori.
Manfaat computer yaitu :
Jaringan komputer/internet memberi kemungkinan bagi pesertanya untuk melakukan komunikasi tertulis dan saling bertukar pikiran tentang kegiatan belajar yang mereka lakukan. Jaringan komputer dapat dirancang sedemikian rupa agar dosen dapat berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa dapat melakukan interaksi belajar dengan mahasiswa yang lain. Interaksi pembelajaran dengan menggunakan jaringan komputer tidak saja dapat dilakukan secara individual, tetapi juga untuk menunjang kegiatan belajar kelompok. Pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan jarak jauh dikenal juga dengan istilah Computer Conferencing System (CCF). Biasanya sistem ini dilakukan melalui surat elektronik atau E-mail. 
-          Blog
Blog merupakan singkatan dari web log. Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi
Blog juga dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk media pembelajaran, yaitu Blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Selain itu blog guru dan murid juga dapat saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki Blog, mengharuskan murid memiliki blognya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik. Setelah semua siswa memiliki Blog dibuatlah suatu komunitas blogger pebelajar. Ada sebuah Blog sebagai pusat pembelajaran (bisa berupa blog aggregator atau blog dengan beberapa kontributor), dengan guru-guru dan siswa dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pebelajar tersebut. 
-          Power Point
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.
Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk presentasi.
-          Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Manfaat Internet sebagai media pembelajaran yaitu :
a)      dapat menggantikan peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau proses;
b)      memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses;
c)      berperan dalam restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses.

Kelebihan:
a.       Peserta didik mudah mengaksesnya
b.       Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
c.        Up to date, media online dapat melakukan update (pembaharuan) suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu dan dimana saja, tidak melulu menggunakan bantuan komputer, tetapi fasilitas teknologi pada handphone (telepon genggam) atau lebih spesifik dengan kata smartphone (telpon genggam yang telah memiliki fungsi setara komputer, ex: Android, Symbian, WP, iOS, BlackBerry). Hal ini terjadi karena media online memiliki proses penyajian informasi/berita yang lebih mudah dan sederhana.
d.      Praktis, media online terbilang praktis karena kemudahan untuk mendapatkan berita dan informasinya, kapan saja bila diinginkan media online dapat dibuka dan dibaca sejauh didukung oleh fasilitas teknologi internet. Handphone yang memiliki fasilitas koneksi internet, komputer yang memiliki sambungan internet baik di perkantoran atau di rumah, dan dapat pula di warung internet (warnet) (Yunus, 2010:32-33).
e.       Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer kita.
f.       Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.
Kekurangan:
a.       Kebenaran artikel belum bisa dipertanggungjawabkan
b.       Menimbulkan ketergantungan siswa terhadap internet
c.       Belum bisa dijadikan acuan utama dalam karya tulis
d.      Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
e.        Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.

b.      Media Cetak: Buku, majalah, koran
Media cetak ini digunakan dalam mendukung proses pembelajaran peserta didik. Media cetak ini terdiri dari buku, modul, cerpen, roman. Tetapi kebanyakan yang dipakai adalah buku dan modul.
-          Buku
Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Sebagai media dan sumber pembelajaran, buku teks mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi dasarnya yang diajarkan. Pemilihan buku teks sangat penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku (KTSP).
Manfaat buku antara lain:
a) meningkatkan perhatian dan motivasi belajar,
b) memberikan variasi dalam belajar,
c) memberikan struktur yang memudahkan belajar,
d) menyajikan inti informasi belajar,
e) memberikan contoh-contoh yang lebih kongkret,
f) merangsang berpikir analisis,
g) memberikan situasi belajar yang tanpa tekanan

gambar Buku
-          Majalah
Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel – artikel dari berbagai penulis (Assegaff, 1983 : 127). Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Oleh karena itu, majalah dijadikan salah satu pusat informasi bacaan yang sering dijadikan bahan rujukan oleh para pembaca dalam mencari sesuatu hal yang diinginkannya.
Gambar Majalah
-          Koran
Koran adalah   sejenis media massa yang memberitakan kejadian-kejadian sehari-hari dalam kehidupan manusia. Koran biasanya ditujukan sebagai kegiatan komersil dari penerbit koran yang bersangkutan. Tulisan-tulisan yang terdapat dalam sebuah koran dihasilkan oleh para penulis berita yang disebut sebagai wartawan.
Manfaat media cetak, yaitu :
a)         Untuk media informasi
b)        Untuk media pendidikan
c)         Meningkatkan intelektual kehidupan masyarakat.

Kelebihan:
a.   Didalamnya terdapat keterangan yang lengkap dan detil
b.    Ringkas dan dapat dibawa kemana-mana
c.   Dapat dipakai dan disimpan lebih lama
d.  Bisa diandalkan dalam menjadi acuan sisw dalam membuat karya tulis

Kekurangan:
a.    Mudah diabaikan
b.    Tidak disukai bagi siswa yang tidak suka m
embaca
c.    Terdapat modifikasi dari penulis (pandangan)
d.   Terdapat kesalahan (ketikan, sumber, peristiwa dan lain-lain)
a.       Media Grafis: bagan, diagram, grafik, poster, kartun, foto
Media grafis merupakan media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual.
-          Bagan
Bagan adalah gambaran/sketsa buram untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data maupun informasi yang ingin disampaikan direalisasikan melalui  gambar. Bagan ada yang berbentuk diagram mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: lingkaran, garis, pohon, dan batang.
Gambar Bagan
-          Diagram
Diagram adalah suatu representasi simbolis informasi dalam bentuk geometri dua dimensi sesuai teknik visualisasi. Kadang teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi.

Gambar diagram
-          Grafik
Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. Grafik sering juga disebut sebagai diagram, bagan, mauoun chart. Pada dasarnya grafik berfungsi memberikan penjelasan kepada para pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data.
Grafik itu sendiri bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa menggunakan kata - kata yang bertele-tele karena grafik menyajikan data dam bentuk angka dalam sebuah lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.
Gamabar grafik :
-          Poster
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
Manfaat poster sebagai media pembelajaran adalah
1.      Digunakan sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar, dalam hal ini poster digunakan saat guru menerangkan sebuh materi kepada siswa (poster sebagai media pembelajaran), begitu halnya siswa dalam mempelajari materi menggunakan poster yang disediakan oleh guru. Poster yang digunakan ini harus relevan dengan tujuan dan materi.
Poster disediakan guru baik dengan cara membuat sendiri maupun dengan cara membeli / menggunakan yang sudah ada. Dalam penggunannya poster di pasang di tengah kelas pada saat dibutuhkan dan di tanggalkan lagi setelah pembelajaran selesai. Misaknya guru membelajarkan siswa tentang teknik menulis karangan naratif tentang pentingnya buang sampah pada tempatnya. Kemudia guru memasang sebuah poster tentang akibat membuang sampah sembarangan. Guru menugaskan siswa untuk mengamati poster tersebut lalu kemudian siswa diperintahkan untuk membuat karangan berdasarkan poster tersebut.
2.      Digunakan di luar pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi siswa, sebagai peringatan, ajakan, propaganda atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang postitif dan penanaman nilai-nilai sosial dan keagamanaan. Dalam hal ini poster tidak digunakan saat pembelajaran namun di pajang di dalam kelas atau disekitar sekolah di tempat yang strategis agar terlihat dengan jelas oleh siswa. Perbedaan antara poster yang digunakan dalam pembelajaran dan diluar pembelajaran tidak memiliki perbedaan yang mendasar.
Perbedaannya hanya pada penyimpanan, dan tema-tema yang dipilih, untuk poster pembelajaran biasanya mengangkat tema-tema yang spesifik sesuai dengan kurikulum, sedangkan poster untuk pajangan biasanya menggunakajn tema-tema umum dan universal sehingga tidak lapuk oleh zaman. Kedua jenis poster tersebut jika dilihat dari teknik dan prinsip-prinsip pembuatannya sama tidak memiliki perbedaan.
Fungsi Poster :
1.Sebgai bahan untuk mengembangkan ide dan kreativitas.
2.Sebagai bahan pelajaran untuk suatu topik atau masalah tertentu.
3.Sebagai alat membangkitkan motivasi.
4.Sebagai petunjuk untuk dikerjakan peserta didik.
5.Sebagai alat pendidikan preventif.
Gambar Poster
-          Kartun
Kartun adalah gambar dengan penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa.Orang yang membuat kartun disebut kartunis. Beberapa jenis gambar kartun yang dikenal saat ini ialah kartun editorial, gag cartoon, dan strip komik. Kartun editorial atau kartun politis biasanya ditujukan untuk menyatakan pandangan politik atau sosial dengan cara menyindir. Sementara itu, gag cartoon dimaksudkan untuk melucu tanpa menyindir. Strip komik ialah gambar kartun dalam bentuk komik singkat.
Kartun dapat pula digunakan sebagai ilustrasi, misalnya dalam buku, majalah, atau kartu ucapan. Selain itu, kartun juga berkembang dalam media lainnya, yaitu film, dan dikenal sebagai animasi. Manfaat kartun dalam media pembelajaran adalah :
Untuk Aplikasi kartun dalam pembelajaran, bisa di tempatkan pada bagian inti. Kita bisa contohkan aplikasi kartun pada kegiatan inti siswa SMA kelas XI dengan materi sholat , adapun kegiatan pembelajarannya adalah sebagai berikut: Seperti biasa guru melakukan kegiatan awal seperti salam, doa, melakukan appersepsi dan pretest.
Gambar Kartun
-          Foto
Foto adalah gambar diam, yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu obyek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu.
Manfaat foto :
Media grafis dapat dimanfaatkan guru dalam pembelajaran terutama untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak sehingga menghindari verbalisme bagi siswa. Jadi media grafis digunakan oleh guru selain pembelajaran menjadi lebih menarik juga membantu siswa dalam penguasaan suatu materi. Helmi Hasan, dkk. (2003:41) menyatakan bahwa ”media grafis berfungsi khusus untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.
Salah satu media grafis adalah gambar/foto. Media gambar/foto merupakan bahasa yang mudah dimengerti dan sumbernya pun tersebar luas dan mudah didapatkan, di antaranya melalui surat kabar, majalah, koleksi foto pribadi, dan lain-lain. Penggunaan gambar sebagai media yang dikaitkan dengan materi pelajaran akan menjadi seperti bahasa yang dapat di dimengerti bahkan sebuah gambar dapat mengandung arti/makna yang banyak.
Gambar foto
Manfaat Media Grafis yaitu :
a)      Menerjemahkan symbol verbal
b)      Mengkonkritkan dan memperbaiki kesan-kesan yang salah dari ilustrasi lisan.
c)      Memberikan ilustrasi suatu buku, dan
d)     Membangkitkan motivasi belajar dan menghidupkan suasana kelas   









Daftar Pustaka
http://andibayu13.blogspot.com/2011/02/pemanfaatan-media-blog-sebagai-sarana.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar